Senin, 08 Oktober 2012

RPP Berkarakter Kelas 1 SD/MI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Tema : Budi Pekerti Kelas 1 Semester 1 Alokasi waktu 2 minggu Standar Kompetensi : 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. 2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat 3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. 4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5. Bahasa Indonesia : • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang lisankan. • Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. • Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. 6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari. 7. Basa Jawa : • Mampu amengungkapkan fikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin, perkenalan,diri, penyebutan berbagai jenis gambar dan gambar peristiwa.. • Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teka) berupa kata-kata lepas, kalimat lepas, serta wacana pendek. Kompetensi Dasar : 1. IPS : • Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. 2. IPA : • Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat. 3. PKN : • Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah. 4. Matematika : • Menentukan lama suatu kejadian berlangsung. • Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek, panjang ) dan membandingkannya. 5. Bahasa Indonesia : • Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru. • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. • Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. • Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. • Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. • Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 6. Seni Budaya dan Keterampilan : • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi 7. Basa Jawa : • Menyampaikan permintaan ijin dengan bahasa lisan. • Membaca kalimat lepas dua kata.. Indikator : 1. IPS : • Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll ) • Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga . 2. IPA : • Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat. • Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan • Membiasakan membuang sampah pada tempatnya. 3. PKN :  Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.  Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah. 4. Matematika : • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar. • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama. • Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang ) • Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek. • Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih pendek • Mengenal jarak dekat dan jauh. 5. Bahasa Indonesia. • Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. • Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas. • Membaca nyaring ( didengar siswa ) • Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. • Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana. • Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar. • Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. • Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas. • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar Download File :

0 komentar:

Total Tayangan Halaman