Sabtu, 09 Februari 2013

RPP PJOK SD Kelas 1 Semeseter 2 (Pertemuan 2)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   3 [ tiga ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya   
Kompetensi Dasar:
6.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

I.   Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar mengayun dan menekuk
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk
III.        Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  •  
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 3
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
F Siswa dapat melakukan gerak dasar mengayun dan menekuk
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
F  Melakukan menarik lutut ke belakang, dan ke  depan
F  Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
F  Melakukan menarik lutut ke samping
F  Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
F  Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
F Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan
V.        Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan
·         Lapangan
·         Tiang hinggap
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur

VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·         Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·         Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·         Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·         Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkanlah gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·         Praktekkanlah gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·         Praktekkanlah gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·         Praktekkanlah gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·         Praktekkanlah gerakan mengayun lengan ke berbagai arah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Blog Archive