Sabtu, 09 Februari 2013

RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 1 (Pertemuan 4)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   4 (empat)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 2.  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
Kompetensi Dasar: 2.1  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri

I         Tujuan Pembelajaran**:
·     Membiasakan badan selalu tegap
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·     Anatomi tubuh
III       Metode Pembelajaran:
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B   Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan tegap
F Melakukan gerakan sikap badan berdiri tegap dengan ke berbagai arah
F Melakukan gerakan sikap badan berdiri tegap dalam keadaan istirahat
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1,
·         Pluit
·         Anatomi tubuh
VI    Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·       Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·       Berdiri dalam keadaan istirahat

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·         Melakukan gerakan berdiri Berdiri dalam keadaan istirahat






FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

0 komentar:

Total Tayangan Laman

Search

Memuat...

Blog Archive

Google+ Followers