Sabtu, 09 Februari 2013

RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 2 (Pertemuan 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   7 [ tujuh ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 . 7.  Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi   
Kompetensi Dasar:
7.2  Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
I.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak sikap tubuh yang benar
·         Siswa dapat membiasakan sikap tubuh dalam bergerak yang baik dan benar
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Sikap tubuh dalam posisi bergerak
III.        Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 7
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak sikap tubuh yang benar
F Siswa dapat membiasakan sikap tubuh yang baik dan benar
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan berjalan tegak dalam bentuk lomba
F Melakukan gerakan berjalan kangkang dalam bentuk lomba
F Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan dalam bentuk lomba
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan
V.        Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Buku permainani
·         Lapangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur
VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan berjalan tegak
·         Melakukan gerakan berjalan kangkang
·         Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkanlah gerakan berjalan tegak
·         Praktekkanlah gerakan berjalan kangkang
·         Praktekkanlah gerakan berjalan dengan membungkukkan badan

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Blog Archive