Sabtu, 09 Februari 2013

RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 2 (Pertemuan 1)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   1 [ satu ] dan 2 [ dua ]
Alokasi Waktu
:   4 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di B  dalamnya  
Kompetensi Dasar:
6.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi

I.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Jalan, lari dan lompat
III.      Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan I dan II
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
F Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
F Melakukan hadap kiri, hadap kanan dan balik kanan
F Melakukan gerakan jalan cepat
F Melakukan jalan sambil jongkok
F Melakukan lari cepat dengan control yang baik
F Melakukan lari dengan berbelok belok dalam bentuk lomba
F Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
F Melakukan lompat kelinci dalam bentuk lomba
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan

V. Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan
·         Lapangan
·         Tiang hinggap
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·         Melakukan gerakan jalan cepat
·         Melakukan jalan sambil jongkok
·         Melakukan lari cepat dengan control yang baik
·         Melakukan lari dengan berbelok belok
·         Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Melakukan lompat kelinci
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·         Praktekkanlah gerakan jalan cepat
·         Praktekkanlah jalan sambil jongkok
·         Praktekkanlah lari cepat dengan control yang baik
·         Praktekkanlah lari dengan berbelok belok
·         Praktekkanlah gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Praktekkanlah lompat kelinci

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Blog Archive