Sabtu, 09 Februari 2013

RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 2 (Pertemuan 8 dan Pertemuan 9)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   8 [ tdelapan ] dan 9 [ sembilan ]
Alokasi Waktu
:  4 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 . 8.  Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya       
Kompetensi Dasar:
8.1  Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
I. Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai sederhana
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Melatih kelentukan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam lantai sederhana
III. Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 8 dan 9
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai sederhana
F Melatih keberanian dan percaya diri
F Melatih kelentukan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
F Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
F Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
F Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
F Melakukan pemantapan gerakan berguling ke depan
F Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
F Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
F Mendemonstrasikan gerakan berguling dengan tekhnik yang baik
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan

V.   Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Buku permainani
·         Lapangan / aula
·         matras
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur

VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
·         Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·         Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·         Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkanlah gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
·         Praktekkanlah gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·         Praktekkanlah gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·         Bagaimana cara menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Blog Archive