Sabtu, 09 Februari 2013

RPP PJOK SD Kelas 1 Semester 2 (Pertemuan 6)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   6 [ enam ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 . 7.  Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi   
Kompetensi Dasar:
7.1  Membiasakan penampillan sikap tubuh  dalam posisi diam

I.  Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak sikap tubuh yang benar
·         Siswa dapat membiasakan sikap tubuh yang baik dan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Mengenal sikap tubuh
III.        Metode Pembelajaran:
F Ceramah
F Demonstrasi
F Praktek




IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 6
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak sikap tubuh yang benar
F Siswa dapat membiasakan sikap tubuh yang baik dan benar
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari dalam bentuk permainan
F Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar : duduk tegak, duduk bersandar
F Melakukan gerakan sikap duduk di lantai : duduk sila, duduk telunjur, duduk bersimpuh dan duduk mengangkang
F Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar :Berbaring terlentang, berbaring telungkup, berbaring miring ke kiri dan ke kanan
F Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar : berdiri tegak, berdiri istirahat, berdiri lencang depan, lencang kanan dan setengah lencang kana
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan
V.        Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Buku Referensi
·         Lapangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur
VI.Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Menunjukkan  bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
·         Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar
·         Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar
·         Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Jelaskanlah  bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
·         Praktekkanlah beberapa sikap duduk dengan benar
·         Praktekkanlah beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar
·         Praktekkanlah berdiri dengan sikap tubuh yang benar

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Blog Archive